MARI IKUT PEDULI DAN RELA BERBAGI


SUARA PEMBARUAN DAILY
BEBAS DARI LAPAR ADALAH HAK ASASI MANUSIA

[ROMA] Organisasi Pangan Dunia (FAO) menegaskan bebas dari kelaparan adalah bagian dari hak asasi manusia (HAM). Oleh karena itu, FAO mendesak pemerintah negara-negara di dunia untuk bertindak nyata dalam memberikan jaminan rakyat mereka bebas dari kelaparan.
"Planet kita memproduksi cukup makanan untuk menyuplai seluruh populasi," kata Direktur Umum FAO Jacques Diouf saat memperingati Hari Pangan Sedunia di Roma, Italia, Selasa (16/10).
"Malam ini, sebanyak 854 juta wanita, pria, dan anak-anak tidur dalam keadaan perut lapar. Memastikan bahwa setiap manusia mendapatkan cukup makanan itu lebih dari kebutuhan yang paling penting yang harus dimiliki dalam hak-hak asasi manusia. Saya mengajak kalian untuk bersama-sama mewujudkan bebas dari lapar kepada seluruh umat manusia," kata Diouf.
Dalam pesan yang dibacakan pada peringatan itu, Paus Benediktus XVI berpesan agar seluruh umat dan negara-negara menyadari akan pentingnya kepedulian terhadap sesama terutama mengenai makanan yang menjadi hak universal setiap manusia. Sri Paus meminta agar upaya mewujudkan bebas dari rasa lapar harus dilakukan tanpa ada perbedaan dan diskriminasi. Dikatakan pula, situasi kelaparan adalah tragedi bagi anak-anak.
"Dunia memiliki sumber, ilmu pengetahuan, dan alat untuk mewujudkan masyarakat dunia yang bebas dari rasa lapar," ujar Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon. [AFP/MDM/O-1]
Last modified: 17/10/07